Sabtu, 15 September 2012

Hal yang harus dihindari agar tubuh indah


Menghindari beberapa hal demi menjaga tubuh yang indah adalah menghindari hal – hal terlebih kecil dahulu. Misalnya menghindari makanan yang manis – manis, di dalam makanan yang manis tentunya kita sudah tau bahwa makanan itu mengandung gula, biasanya gula yang digunakan adalah gula sembarangan atau gula biang yang memberikan rasa manis yang enak sehingga kita mengkonsumsinya. Perlu kita ketahui bahwa gula dapat menggemukan badan. Adapun satu gula yang membahayakan, untuk mengatasi kebutuhan akan rasa manis, gula diganti pemanis buatan. Padahal, menurut para ahli, minuman diet dan pemanis buatan justru akan membuat tubuh mendambakan gula asli. Maka itu, lebih baik menggunakan gula asli, tapi jumlahnya dikurangi.

Selain itu hal yang harus dihindari adalah pada saat kita makan, seharusnya kita memakan makanan secara perlahan. Memakan makanan dengan cepat dapat mengakibatkan tertahannya udara dalam usus sehingga dapat mengciptakan gas dan mengakibatkan perut buncit. Hindari minuman bersoda dan perbanyak minum jus buah. Selain berfungsi untuk detox, jus buah juga bisa mengurangi rasa lapar.

Tidur, salah satu hal terpnting dalam kehidupan, jangan tidur terlalu larut dan beristirahatlah dengan cukup. Tidur pada pukulselama 8 jam lebih baik. Pada saat tidur, usahakan memakai pakaian yang longgar sehingga tubuh dapat bernafas dengan baik.

Oh ya, ternyata karbohidrat sederhana dalam makanan dapat dicerna menjadi lemak sangat cepat oleh tubuh. Jadi kurangilah porsi nasi, roti putih, pasta, dan makanan lain yang mengandung banyak karbohidrat sederhana. Sebagai pengganti makanan tersebut sebagai upaya mengecilkan badan terutama perut, direkomendasikan untuk konsumsi roti gandum utuh dan pasta gandum dengan karbohidrat kompleks.

Kurangi makan garam atau sodium. Garam, bumbu asin dan makanan olahan memiliki kandungan natrium yang tinggi. Asupan makanan asin dalam jumlah yang lebih besar bisa memicu terjadinya perut membuncit, karena garam dapat menarik air dalam jumlah besar sehingga menyebabkan retensi air.

Sebaiknya kita mengganti menu yang mengandung lemak jahat dengan lemak baik
Yang termasuk ke dalam lemak baik (lemak tunggal tak jenuh) diantaranya kacang tanah, walnut, almond, kacang pistachios, alpukat, canola dan minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Saat memasak, hal yang umum adalah minyak goreng, sebaiknya kita jangan menuang minyak sayur. Lebih baik semprotkan saja minyak ke dalam wajan atau katel menggunakan oil spray. Cara ini dapat mengurangi kandungan lemak pada masakan. Dan lebih baiknya lagi jika menggunakan olive oil daripada minyak sayur.

Kurangi jajan! Makanan yang dimasak sendiri dirumah, lebih dapat kita kontrol kalorinya, kebersihannya dan bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Jangan biasakan jajan diluar rumah, karena jajan di warung, kantin, foodcourt ataupun kafe membuat kita tidak dapat menikmati takaran makan serta menu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jika sering-sering justru membuat lemak makin menumpuk. Siasati dengan membiasakan membawa bekal makan siang saat kita sekolah atau jika ingin ngemil, bawalah buah, beberapa roti, yoghurt rendah lemak. Kebiasaan membawa makanan sehat akan membantu kita mencapai bodi ramping lebih cepat.

Hindari gadang yang biasa dilakukan para remaja. Gadang sudah menjadi tradisi dari mulai anak SMP sampai remaja SMA dan seterusnya, sebaiknya gadang dilakukan seperlunya jangka 2 kali dalam seminggu. Gadang akan menghambat pertumbuhan karena pertumbuhan dipengaruhi waktu tidur yang cukup.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal...
Artikelnya bagus nih, mau tanya sekalian sist..,,, Ada ga Olahraga khusus yang bisa kita lakukan secara sederhana di tempat kerja? Lalu apakah tidak berbahaya jika olah raga tersebut kita lakukan tanpa menggunakan baju senam aerobik?
-Thanks-

Posting Komentar